Rabu, 05 April 2017

Pengertian, Kegunaan & Contoh Program

visit me on www.facebook.com/hanantaalfian

Hallo guys.. 😊
Sebelum kita mengetahui tentang Bahasa Rakitan secara mendetail, maka kita juga harus tau pengertiannya secara mendasar.
Apa sih yang dimaksud dengan Bahasa Rakitan?


Pengertian

Bahasa Rakitan atau yang lebih dikenal Assembly termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah dan merupakan bahasa dasar komputer. Pengertian Bahasa ini memerlukan logika yang cukup rumit di samping instruksinya yang jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya. Program Bahasa Rakitan yang dihasilkan memiliki kecepatan yang paling baik.
Kelebihan Bahasa Rakitan diantaranya adalah :
  • Memiliki fasilitas fungsi dan makro (ciri khas bahasa pemrograman yang menyebabkan pemrograman menjadi lebih mudah)
  • Program dapat dibuat secara modular (dipecah dalam modul-modul kecil dan dapat diintegrasikan kembali)
  • Ukuran program lebih kecil, sehingga lebih menghemat media penyimpan
  • Lebih dekat ke hardware sehingga seluruh kemampuan komputer dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Disebut ke dalam bahasa tingkat rendah karena bahasa ini berhubungan langsung dengan bahasa mesin. Sedangkan bahasa pemrograman Delphi berada di atas bahasa pemrograman rakitan, yang sering disebut OOP (Object Orinted Programming).
Bahasa mesin adalah kumpulan kode biner yang merupakan instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer. Sedangkan bahasa rakitan memakai kode mnemonic untuk menggantikan kode biner, agar lebih mudah diingat sehingga memudahkan penulisan program.
Program yang ditulis dengan bahasa rakitan terdiri dari label, kode mnemonic dan lainnya, pada umumnya dinamakan sebagai program sumber (source code) yang belum bisa diterima oleh prosesor untuk dijalankan sebagai program tapi harus diterjemahkan terlebih dahulu menjadi bahasa mesin dalam bentuk kode biner. Jika yang ditulis hanya bahasa rakitan saja maka biasanya program dibuat dengan program editor biasa, misalnya notepad pada Windows atau sidekick pada DOS, selanjutnya program sumber diterjemahkan ke bahasa mesin dengan menggunakan program rakitan. Hasil kerja program rakitan adalah “program objek” dan juga “rakitan listing”. Tapi karena di sini bahasa rakitan ditulis bersama dengan bahasa Delphi maka program dibuat di dalam editor milik Delphi. Program objek berisikan kode-kode bahasa mesin, kode – kode bahasa mesin inilah yang diumpankan ke memori-memori prosesor. Perlu diperhatikan bahwa setiap prosesor mempunyai konstruksi yang berbeda-beda, instruksi untuk mengendalikan masing – masing prosesor juga berbeda-beda. Dengan demikian bahasa rakitan untuk masing-masing prosesor juga berbeda, yang sama hanyalah pola dasar dan cara penulisan program rakitan saja.



Kegunaan

Fungsi dari bahasa rakitan sendiri yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi.

Contoh Program

Berikut adalah contoh program Bahasa Assembly untuk mencetak karakter/kata 'ALFIAN' :

.model small
.code
org 100h

proses :
               MOV AH,02h
               MOV DL,'A'
               INT 21h
               MOV AH,02h
               MOV DL,'L'
               INT 21h
               MOV AH,02h
               MOV DL,'F'
               INT 21h
               MOV AH,02h
               MOV DL,'I'
               INT 21h
               MOV AH,02h
               MOV DL,'A'
               INT 21h
               MOV AH,02h
               MOV DL,'N'
               INT 21h
               INT 20h
END PROSES

Terimakasih atas kunjungan kawan-kawan semua.
Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu semua..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar